Catatan Nikah Erna-Ario 2016


Wah, ini blog pertamaku di 2018

Maksud dibuatnya artikel ini bukan untuk pamer ya. Waktu persiapkan nikah, aku bener-bener bingung banget apa yang harus pertama dilakuin, gak ada temen diskusi soal ini. Aku gak pake WO soalnya, pengen semuanya urus sendiri. Repottt sih, tapi biar dapet banget 'feel'-nya dan hemat pastinya (eta yang utama!). Dan ketika aku nulis hari ini, nginget 2 tahun yang lalu jadi senyum-senyum sendiri. Aku pengen pernikahan yang sederhana dan bermakna karena ini menjadi sebuah pertemuan keluarga besar aku dan Ario. Aku cucu pertama dari dua keluarga (Ayah dan Mama) jadi ini pesta pertama untuk keluargaku.

Semoga catatanku ini bisa menjawab sedikit keresahan kamu yang juga sama seperti kebingunganku waktu itu. Biaya nikah sebenernya murah kok, yang penting kan ijab kabulnya. Pernikahan bukan hanya tentang pesta. Setelah itu, fase baru akan dimulai. Jangan cuma karena liat berbagai macam postingan indah tentang pernikahan, kamu jadi kebelet nikah. 

Oke, sebelum ke detail, aku lampirkan dulu foto anggaran biaya pernikahanku tahun 2016. Sumpah antara males ngetik dan gak bisa bikin tabel (gak mau usaha hahaha), jadi tabelnya foto dari yang aku bikin di catatan nikah.

Gimana, gimana? Kebayang gak untuk nikahmu nanti?

1. Dekor
Aku pengen nuansa coklat dan putih. Ceritanya temanya itu "white and brown sugar", hehehe. Aku cuma ceritain pengen gini dan gitu masalah pelaminan, ternyata hasilnya lebih dari ekspektasi. Cumaaaaaaa nyesek banget dengan photo booth-nya. Subuh-subuh pas mau make up gue merong-merong ke tukangnya. Haha.
Harga sebesar itu dengan rincian yang lumayan banyak, aku rasa ini termasuk murah ya.

Harga: Rp 14.000.000
 Rincian: 
 - pelaminan
 - siraman (tanpa make up)
 - lengser 30 menit
 - panggung 3x4
 - meja tamu (2)
 - buffet
 - meja dan kursi VIP
 - sound
 - dekor buat di rumah (karena 2 hari sebelum hari H, ada undangan yang berhalangan hadir di resepsi, datangnya ke rumah)
 - meja akad
 - tenda
 - kursi tamu
 - meja prasman+pemanas+piring 200

2. MUA+kebaya
Awalnya tahu Kirana dari si Winda, langsung ngincer saat itu juga. Sebelumnya aku kursusin dulu adik di Kirana dan langsung booking saat itu juga. Dasar memang jodohnya, weekend bulan Februari yang lagi kosong hanya pas aku nikah. 
Make up itu selera ya, mau menor, natural, mau jumpalitan sekali pun yang paling penting itu rapih. Dan teh Kirana itu rapiiihhh banget, juga natural. Saking naturalnya meren yah atau emang orang itu selalu liat pengantin yang menor, aku sampe dibilang kaya make up mau ke ondangan cenah beb. Di akad aku dipakein lipstik nude, resepsinya lipstik gotik. Wkwkwkw. Fyi, pas resepsi merk lipstiknya La Splash shade paling gelap (lupa apaaa). 
Ohiya, jangankan pengantinnya, ibu pengantin pun make up-nya sangat rapi. Di bawah ini harga tahun 2016 ya, kalau kamu mau update harga dan jadwal langsung cek aja instagram @kiranafary . Kontaknya tertera di bio.
Kirana Make Up (@kiranafary)
Harga: Rp 9.500.000
 Rincian:
 - make up pengantin oleh Teh Kirana
 - tes make up (aku pake jadi make up siraman *irit bebss :p*)
 - make up ibu (2)
 - beskap ibu bapak 
 - kebaya pengantin akad dan resepsi 
 - bunga melati+baki

3. Foto
Kalau kita ada niat baik apalagi untuk menikah, meskipun banyak kebingungan, tapi coba aja untuk selalu berpikiran positif karena ketika memikirkan atau mengucapkan sesuatu, aku yakin seluruh semesta merespon. Allah Swt. dengan caraNya selalu memberi kemudahan. Pas lagi cari-cari buat foto, ada temen kuliah tiba-tiba menghubungi. Ternyata dia mau nawarin jasa foto wedding. Uhuy! Udah portofolionya bagus, dapet diskon pula. Hehehe.

Nesnumoto (@nesnumoto)
Harga: Rp 7.500.000
 Rincian:
 - Foto dan Video saat siraman
 - Foto dan Video saat hari H
 - Hasil jadinya 2 album + 1 cd + box

4. MC
Kalau gak salah nama MC-nya itu Kang Lukman. Dikenalin oleh Teh Wiwin, temen kantor. Kang Lukman udah profesional banget, jam terbangnya juga banyak. Ramah dan murah senyum. Plusnya bisa nyinden juga, jadi pas upacara adat dia ikutan nyinden. Hadir di tempat dari subuh sampai selesai acara.

Harga: Rp 1.500.000

5. Hiburan
Ini juga! Entah kenapa saat itu jadi keinget sama Dimas, temen SMK. Dia suka main musik. Eh bener, Dimas punya band suka main di acara wedding. Yaudah langsung hubungi dan deal. Hehehe.

Interval Music
Harga: Rp 2.250.000

6. Undangan 1
Nah, untuk undangan sebenernya gak terlalu penting sih dengan bentuknya. Habis dibaca isinya, pasti berakhir di tempat sampah. Jadi aku bikin undangan ini yang biasa aja bentuknya. Aku desain sendiri, ilustrasi bunga dapet dari shutterstock.com kemudian minta di layout ke Kang Puput, temen kantor. Lalu dicetak di Pagarsih. Dulu ada kontak bbmnya, tapi BBM-ku dah di hapus. Ternyata pegawai percetakannya itu anaknya temen Mama. Pas tahun kemaren si Ade nikah, minta tolong ke dia aja. Jadi gak repot-repot jauh ke Pagarsih. Kalau mau kontaknya japri aja ya. Gak enak di share disini soalnya itu kontak pribadinya.

Harga: 2500 x 700 = Rp 1.750.000
Desain: Erna
Layout: Kang Puput
Bahan: Art paper + Dof
Print: Pagarsih (dikasih bonus plastik, stiker, kartu terimakasih)

7. Undangan 2
Ini sebetulnya gak penting sih, cuma aku anaknya iseng aja. Berhubung udah ngonsep undangan ini dari beberapa tahun yang lalu, sayang aja kalau gak direalisasikan. Undangan ini dikhususkan untuk teman-teman deket aku dan Ario aja. Semuanya aku kerjain sendiri dari mulai desain, cetak, gunting, lipet, lem, ampe aku kirim via JNE atau titip temen. Sempet stres sih, Hehehe. Bolak-balik Cileunyi - Dipatiukur buat ngeprint. Hampir aja pasrah karena waktunya udah mepet banget dan gak sanggup lagi ngerjain karena masih ada 50-an lagi yang mesti dibikin, apalagi seharian itu harus keluar cari buat jasa bungkus serahan. Eh, pas nyampe rumah undangannya udah selesai. Ternyata Ayah kerahin para tetangga buat ngerjain. Alhamdulillah.

Harga: 9.900 x 200 = Rp 1.750.000
Konsep undangan: Amplop yang berisi postcard, keterangan (tanggal, tempat, peta), surat
 Rincian:
 - postcard:
   size 14 x 10 cm
   bagian depan foto Erna dan Ario, belakang polos untuk diisi ucapan wedding
   bahan art paper
 - keterangan (tanggal, tempat, peta):
   size 14 x 14 cm
   bagian depan keterangan tanggal dan tempat, belakang peta digambar Ariska lalu scan
   bahan art paper
 - surat
   size A4
   gerbang dialog aku tulis tangan sendiri
   ditulis di kertas paper book lalu fotocopy di kertas paper book juga
 - desain oleh aku sendiri, masih pake ilustrasi yang sama dengan undangan 1, layout Kang Puput
 - print di Anugrah Prima Dipatiukur
  
8. Souvenir
Souvenir aja aku homemade, Hahaha. Niat banget sih ini, tapi dibantuin Via dan adik-adik. Dari sejak lamaran aku mulai belanja sapu tangan dan bikin-bikin sendiri.


Harga: 500 x Rp 1.800 = Rp 900.000
 Rincian:
 - sapu tangan putih belanja kodian di PD Awan belakang Pasar Baru
 - kain tile beli kiloan di Pasar Cileunyi
 - pita dan jarum pentul dari Balubur
 - kartu bikin sendiri dan print di Anugrah Prima

FYI, pusat souvenir di Bandung ada di Cibadak. Banyak banget pilihannya.

9. Gedung
Berhubung soal makanannya hanya keluarga yang masak, kita mikirnya harus dapat gedung yang paling dekat dengan rumah.

Gedung Ar-raudoh
Harga: 4.500.000 acara selesai pkl 3 sore

10. Catering
Nah, ini yang biasanya ngabisin budget. Kayak sepele tapi ini penting banget, loh! Orang bukan sekadar datang ke undangan, salaman, foto, abis itu pulang. Nggak! Pasti yang dituju adalah makanan. Bete gak sih kalau makanan tinggal sisa dikit padahal baru jam 1 siang. Pernah aku ke undangan datang jam set 1, cuma ada kuah sayur dan nasi. Huft.
Cateringnya kita masak sendiri karena ini lebih hemat dan jauh lebih banyak (gak dipatok porsi). Jadi hari-hari sebelumnya mama nyicil belanja bumbu-bumbu kayak kecap, garam, gula, minyak, dll. Pesan daging, ayam, dan sayur-sayuran di pasar. Semua bahan pokoknya belanja sendiri. Kebetulan ada keluarga juru masak yang biasa masak besar untuk segala acara. Sayang banget sekarang beliau udah pensiun.

Harga: Rp 12.250.000/1000 porsi @12.250
 Rincian:
 - daging 5.500.000/50 kg
 - ayam 2.250.000/50 kg
 - sayuran -+ 2.000.000
 - bumbu 500.000
 - juru masak 2.000.000

11. Stand
Gak banyak-banyak sih, cuma ada 3 stand aja. Hehehe. Bakso, cendol, dan eskrim.

Harga: Rp 6.000.000/500 porsi
 Rincian:
 - bakso 1.500.000/500 porsi @3000 dari tukang cendol pelanggan Ayah
 - cendol 1.500.000/500 porsi @3000 dari tukang cendol pelanggan Ayah
 - eksrim 3.000.000/4 ember beli di Lotte Mart

12. Seragam pagar ayu
Belanja seragam di d'fashion-Kosambi sekarang pindah ke veteran. Aku ngasih bahannya aja, dijahit masing-masing. Hehehe. Begitu juga dengan seragam keluarga.

Harga: Rp 750.000/10 orang

13. Seragam keluarga
Harga: Rp 2.000.000/10 orang

14. Hidangan sore
Kebiasaan orang-orang sini (Cileunyi dan sekitarnya), dari dua hari sebelum hari H, kita menjamu tamu yang datang ke rumah. Tamu undangan ini berarti tidak akan hadir lagi di resepsi. Mereka akan diberi hidangan yang biasanya berisi mie, gula, minyak, dll (variatif).

Harga: Rp 10.000.000/500 porsi

15. Serahan
Harga di bawah ini bisa lebih murah atau lebih mahal ya, tergantung merk barang yang diinginkan. Cukup gak cukup aku memang ngeluarin budget 3,5 aja. Sebagian barangnya ada yang dikasih kakak dan sodara.

Harga: Rp 3.500.000
 Rincian:
 - tas
 - celana
 - baju
 - handuk (2)
 - selimut
 - dompet
 - make up
 - kain
 - baju tidur
 - celana dalam
 - jilbab
 - samping
 - sepatu
 - payung
 - jam tangan

16. Box serahan
Aku terlalu menyepelekan ini sih, karena tadinya mau pake box yang biasa aja dari sanggar dekat rumah. Tapi setelah lihat-lihat malah jadi ragu. Yaudah cari-cari di instagram akhirnya dapat yang lumayan murah tapi bagus. Lupa instagramnya apa, aku gak follow soalnya. Tempatnya di Margahayu. Kocak banget ini sih, Margahayu itu kan nama jalannya diambil dari nama-nama planet ya. Aku di anter Ariska, setelah seharian kita keliling nganter-nganterin undangan, abis magrib langsung cari alamatnya. Ada kali dua jam kita nyasar di komplek itu, tiap nanya ke orang jawabannya selalu "lurus, kanan, belok", hahaha.
Barang-barang serahannya disimpan disana, ambil lagi besoknya.

Harga: Rp 350.000/10 box


Udah gitu aja, hehehe. Kalau ada yang kurang-kurang nanti aku tambahkan. Kalau ada yang mau tanya-tanya lebih lanjut bisa email ya. Inget, bagus, jelek, mewah, serupa apapun acara pernikahan, akan selalu dibicarain orang, manusiawi lah. Hahaha.

*gak bisa banyak masukin foto karena lemot banget*

Comments

Popular Posts