Flatlays Photo


Menurut Daniel Berman, founder of mobile photography award, motret pake cam-photo itu bikin kita nggak perlu kerja keras yang dilakuin kamera professional like shutter speed or else. Tapi yang kita harus dapetin adalah gimana ngedapetin lighting, komposisi, dan fokus yang sempurna. Yup, sejak punya Iphone dan kenal dengan instagram, skill fotografiku mulai keasah. Hehehe. Meski punya kamera DSLR, aku tetep ngandelin Iphone untuk menghasilkan foto-foto buat dipajang di instagram.

Daridulu udah seneng ngumpulin barang-barang dan pernak-pernik yang lucu, vintage, hingga retro. Hal itu ngebawa aku jadi suka potret random thing yang aku punya. Semakin kesini foto-fotonya lebih bertema. Awalnya pikirkan dulu mau tema apa, lalu pilih stuff yang akan difoto, tentuin background yang pas, dan cari tempat yang pencahayaannya bagus. Masalah background, aku kadang pakai kemeja putih, baju garis-garis, papan kayu, dll. Sebenarnya apa aja bisa jadi background sih. Hehehe.

Nah, baru-baru ini aku baca di majalah kalau jenis foto kayak gitu disebut flatlays. Flatlays gak cuma soal naro-naro barang lucu jadi satu tapi juga ngegunain taste of art karena kamu perlu menentukan komposisi warna dan posisi barang.

Beberapa aplikasi yang sering aku pakai untuk ngedit flatlays photo:

1. VSCO Cam
Filternya oke-oke banget, tapi di foto tertentu aku jarang pakai filter. Seringnya main di exposure dan sharpen
2. Snapseed
Snapseed hanya aku pakai buat rotate karena rotate punya snapseed gak ada di aplikasi yang lain
3. Facetune
Aplikasi ini bisa bikin background jadi putih tanpa mengubah warna objek foto

Btw, dulu waktu masih ngantor sering dateng kesiangan karena paginya flatlays dulu :p


Comments

Popular Posts